Senin, 14 Juni 2010

Tentang Makalah Jaringan komputer Lengkap

Jaringan komputer

Sebuah jaringan komputer, sering hanya disebut jaringan, adalah kumpulan komputer dan perangkat dihubungkan oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi antara pengguna dan memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Jaringan dapat diklasifikasikan menurut berbagai karakteristik. Artikel ini memberikan gambaran umum tentang jenis dan kategori dan juga menampilkan komponen dasar jaringan.


Metode Koneksi

jaringan komputer dapat diklasifikasikan sesuai dengan perangkat keras dan teknologi perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan perangkat individu dalam jaringan, seperti serat optik , Ethernet , Wireless LAN , HomePNA , Power line komunikasi atau G.hn . Ethernet menggunakan kabel untuk menghubungkan perangkat fisik. Sering perangkat dikerahkan termasuk hub, switch, jembatan dan / atau router. Wireless LAN teknologi dirancang untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel. Perangkat ini menggunakan gelombang radio atau inframerah sinyal sebagai media transmisi. ITU-T G.hn teknologi menggunakan kabel rumah yang ada ( kabel koaksial , saluran telepon dan kabel listrik ) untuk menciptakan kecepatan-tinggi (sampai dengan 1 Gigabit / s) daerah setempat jaringan.

1. Teknologi Wired 
Twisted pasangan kawat adalah media yang paling banyak digunakan untuk telekomunikasi. Twisted-pair kabel adalah kabel telepon biasa yang terdiri dari dua kawat tembaga terisolasi twisted ke pasangan dan digunakan baik untuk suara dan transmisi data. Penggunaan dua kawat pilin bersama-sama membantu mengurangi crosstalk dan induksi elektromagnetik . Kecepatan transmisi berkisar dari 2 juta bit per detik menjadi 100 juta bit per detik.
Kabel Coaxial banyak digunakan untuk sistem televisi kabel, gedung perkantoran, dan worksites lainnya untuk jaringan area lokal. Kabel terdiri dari tembaga atau aluminium kawat dibungkus dengan lapisan isolasi biasanya dari bahan fleksibel dengan sebuah konstanta dielektrik yang tinggi semua yang dikelilingi oleh lapisan konduktif. Lapisan isolasi membantu meminimalkan gangguan dan distorsi. Transmisi kecepatan berkisar dari 200 juta menjadi lebih dari 500 juta bit per detik.
serat optik kabel terdiri dari satu atau lebih filamen serat gelas dibungkus dalam lapisan pelindung. Hal mentransmisikan cahaya yang dapat melakukan perjalanan jarak panjang tanpa kehilangan sinyal. kabel fiber-optik tidak terpengaruh oleh radiasi elektromagnetik. kecepatan transmisi dapat mencapai triliunan bit per detik. Kecepatan transmisi serat optik adalah ratusan kali lebih cepat daripada untuk kabel koaksial dan ribuan kali lebih cepat daripada kawat twisted-pair.

2. Teknologi Wireless 
Terrestrial microwave - Terrestrial microwave menggunakan berbasis pemancar dan penerima Bumi. Peralatan yang mirip dengan piring satelit. Terrestrial microwave menggunakan kisaran rendah gigahertz, yang membatasi semua komunikasi dengan garis-melihat-. Jalur antara stasiun relay spasi approx. 30 mil terpisah. antena microwave biasanya ditempatkan di atas gedung, menara, bukit, dan puncak gunung. Komunikasi Satelit - The satelit menggunakan radio microwave sebagai sarana telekomunikasi mereka yang tidak dibelokkan oleh atmosfer bumi. Satelit ditempatkan dalam ruang, biasanya 22.000 mil (untuk satelit geosynchronous) di atas khatulistiwa. Sistem ini mengorbit Bumi mampu menerima dan menyampaikan suara, data, dan sinyal TV. Selular dan PCS Systems - Gunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Sistem dibagi ke daerah geografis yang berbeda. Setiap daerah memiliki pemancar berdaya rendah atau perangkat radio relay antena ke relay panggilan dari satu daerah ke daerah berikutnya.


3. Wireless LAN
jaringan area lokal nirkabel menggunakan teknologi frekuensi radio tinggi yang mirip dengan digital selular dan frekuensi radio teknologi-rendah. Wireless LAN menggunakan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan komunikasi antara beberapa perangkat di daerah terbatas. Salah satu contoh standar terbuka gelombang radio nirkabel teknologi IEEE 802.11b.
Bluetooth - Sebuah teknologi nirkabel jarak pendek. Beroperasi pada approx. 1Mbps dengan 10 sampai 100 meter. Bluetooth adalah sebuah protokol nirkabel terbuka untuk pertukaran data jarak pendek.

4. Topologi jaringan 
Jaringan Komputer dapat diklasifikasikan sesuai dengan topologi jaringan di mana jaringan berbasis, seperti jaringan bus , jaringan bintang , jaringan cincin , jaringan mesh , jaringan bus-bintang , pohon atau jaringan topologi hirarki . Topologi jaringan adalah koordinasi dengan yang perangkat dalam jaringan tersebut diatur dalam hubungan logis mereka satu sama lain, independen pengaturan fisik. Bahkan jika komputer jaringan secara fisik ditempatkan dalam susunan linier dan terhubung ke sebuah hub, jaringan memiliki topologi bintang, bukan suatu topologi bus. Dalam hal ini, karakteristik visual dan operasional jaringan yang berbeda. Jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan metode data yang digunakan untuk menyampaikan data, ini termasuk jaringan digital dan analog.


Jaringan 

Jenis umum jaringan komputer dapat diidentifikasi dengan skala mereka.

1. PAN
A personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer dan perangkat teknologi informasi yang berbeda dekat dengan satu orang. Beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN adalah komputer pribadi, printer, mesin fax, telepon, PDA, scanner, dan bahkan video game konsol. Sebuah PAN mungkin termasuk kabel dan koneksi nirkabel antara perangkat. Jangkauan dari PAN umumnya memanjang hingga 10 meter. Sebuah kabel PAN ini biasanya dibangun dengan koneksi USB dan Firewire sementara teknologi seperti Bluetooth dan inframerah umumnya komunikasi membentuk PAN nirkabel. Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung perkantoran, atau diposisikan dekat sekelompok bangunan. Setiap komputer atau perangkat di dalam jaringan adalah node. Kabel LAN saat ini kemungkinan besar didasarkan pada Ethernet teknologi, meskipun standar baru seperti ITU-T G.hn juga menyediakan cara untuk membuat LAN dengan kabel dengan menggunakan kabel rumah yang ada (kabel koaksial, saluran telepon dan tiang listrik) . Khas perpustakaan jaringan, dalam topologi pohon percabangan dan akses ke sumber daya dikendalikan. Semua perangkat saling harus memahami lapisan jaringan (lapisan 3), karena mereka menangani beberapa subnet (warna yang berbeda). Mereka di dalam perpustakaan, yang hanya 10/100 Mbit / s koneksi Ethernet ke perangkat pengguna dan koneksi Gigabit Ethernet ke router pusat, bisa disebut "lapisan 3 switch" karena mereka hanya memiliki antarmuka Ethernet dan harus memahami IP . Akan lebih tepat untuk menyebut mereka akses router, mana router di atas adalah distribusi router yang terhubung ke Internet dan jaringan akademis 'pelanggan router akses. Karakteristik mendefinisikan LAN, berbeda dengan WAN (Wide Area Network), termasuk tarif yang lebih tinggi mereka transfer data, jangkauan geografis yang lebih kecil, dan tidak perlu untuk saluran telekomunikasi yang disewa. Lancar Ethernet atau IEEE 802.3 teknologi LAN beroperasi pada kecepatan sampai dengan 10 Gbit / s. Ini adalah tingkat transfer data. IEEE telah menyelidiki proyek standardisasi dari 40 dan 100 Gbit / s.

2. jaringan area Home
Sebuah jaringan area rumah adalah LAN perumahan yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat digital yang biasanya ditempatkan di rumah, biasanya sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat komputasi mobile. Fungsi penting adalah pembagian akses Internet, seringkali layanan broadband melalui CATV atau Digital Subscriber Line (DSL) operator.

3. jaringan Campus 
Sebuah jaringan kampus adalah sebuah jaringan komputer terdiri dari interkoneksi jaringan area lokal (LAN) dalam wilayah geografis yang terbatas. peralatan jaringan itu (switch, router) dan media trasmission (serat optik, tembaga tanaman, CAT5 kabel dll) yang hampir seluruhnya dimiliki (oleh kampus penyewa / pemilik: perusahaan, universitas, pemerintah dll). Dalam hal jaringan kampus-kampus universitas berbasis jaringan mungkin menghubungkan berbagai bangunan kampus termasuk; departemen akademik, perpustakaan universitas dan tempat tinggal siswa.

4. Wide area network 
Sebuah jaringan area luas (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas seperti kota, negara, atau bahkan rentang jarak antar benua, menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang udara . Sebuah WAN sering menggunakan fasilitas transmisi yang disediakan oleh operator umum, seperti perusahaan telepon. Teknologi WAN umumnya fungsi di bawah tiga lapisan dari model referensi OSI : itu layer fisik , yang lapisan data link , dan lapisan jaringan . Sebuah jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk mendukung komunikasi mobile di sejumlah sewenang-wenang dari LAN nirkabel, satelit area cakupan, dll Tantangan utama dalam komunikasi mobile menyerahkan dari komunikasi dari satu area cakupan lokal ke yang berikutnya. Dalam Proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi terestrial WIRELESS jaringan area lokal (WLAN) . 

5. Enterprise Private Network 
Sebuah Enterprise Private Network adalah jaringan membangun sebuah perusahaan untuk menghubungkan berbagai lokasi perusahaan (situs produksi, kantor pusat, kantor jauh, toko dll) dalam rangka untuk berbagi sumber daya komputer melalui jaringan. Contoh EPN terbuat dari Frame Relay WAN koneksi dan akses remote dialup. Dimulai dengan digitalisasi jaringan telekomunikasi mulai di 70's di Amerika Serikat (oleh AT & T) dan didorong oleh pertumbuhan sistem ketersediaan komputer dan tuntutan jaringan swasta telah dibangun selama puluhan tahun tanpa perlu menambahkan pribadi panjang untuk mereka. Jaringan dioperasikan melalui telekomunikasi jaringan dan per komunikasi suara sejumlah keamanan dan kerahasiaan yang diharapkan dan diasumsikan. Tetapi dengan Internet dalam 90's datang tipe baru yang dibangun diatas jaringan infrastruktur Umum ini, menggunakan enkripsi untuk melindungi lalu lintas data dari atap-dropping ( VPN ). Jadi jaringan perusahaan sekarang biasanya disebut Enterprise Private Network untuk memperjelas bahwa ini adalah jaringan pribadi (yang berseberangan dengan jaringan umum).

6. jaringan pribadi Virtual 
 Contoh VPN digunakan untuk menghubungkan 3 kantor dan Remote pengguna. Sebuah jaringan virtual pribadi (VPN) adalah jaringan komputer di mana beberapa link antara node yang dibawa oleh sambungan terbuka atau sirkuit virtual dalam beberapa jaringan yang lebih besar (misalnya, Internet) dan bukannya dengan kabel fisik. Data link protokol lapisan jaringan virtual dikatakan terowongan melalui jaringan yang lebih besar ketika hal ini terjadi. Satu aplikasi umum adalah komunikasi yang aman melalui Internet publik, tetapi tidak perlu VPN fitur keamanan eksplisit, seperti otentikasi atau enkripsi konten. VPN, misalnya, dapat digunakan untuk memisahkan lalu lintas masyarakat pengguna yang berbeda melalui jaringan yang mendasarinya dengan fitur keamanan yang kuat. Sebuah VPN dapat memiliki performa terbaik-usaha, atau mungkin memiliki tingkat didefinisikan perjanjian layanan (SLA) antara pelanggan VPN dan penyedia layanan VPN. Umumnya, sebuah VPN telah topologi lebih kompleks daripada titik-titik ke-.

7. Internetwork 
Sebuah Internetwork adalah sambungan dari dua atau lebih jaringan komputer swasta melalui switching umum (OSI Layer 2 ) atau routing teknologi (OSI Layer 3 ) dan dimiliki oleh entitas yang terpisah (publik atau swasta). Hasilnya disebut sebuah internetwork. Internet adalah sebuah agregasi dari internetworks banyak, maka namanya disingkat menjadi Internet. Setiap interkoneksi antara masyarakat,, komersial, industri, atau pemerintah jaringan swasta juga dapat didefinisikan sebagai internetwork atau (lebih sering) sebuah extranet .

8. Internet 
The Internet adalah sistem saling global pemerintah, akademis, publik, dan swasta jaringan komputer, perusahaan. Hal ini didasarkan pada teknologi jaringan dari Internet Protocol Suite . Ini adalah penerus dari Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) yang dikembangkan oleh DARPA dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat . Internet juga merupakan tulang punggung komunikasi mendasari World Wide Web (WWW). Internet 'adalah paling sering dieja dengan modal' aku 'sebagai kata benda yang tepat, untuk alasan sejarah dan untuk membedakannya dari internetworks generik lainnya. Peserta di Internet menggunakan beragam metode dari beberapa ratus didokumentasikan, dan sering standar, protokol yang kompatibel dengan Internet Protocol Suite dan sistem pengalamatan ( IP Addresses ) dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority dan alamat pendaftar . Penyedia layanan dan perusahaan besar bertukar informasi tentang reachability ruang alamat mereka melalui Border Gateway Protocol (BGP), membentuk mesh seluruh dunia berlebihan jalur transmisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar